Resep Kue basah yang bisa kalian coba di rumah

28 Resep Kue Basah Kekinian Yang Praktis Dan Enak



Kue basah sekarang ini menjadi salah satu jajanan sehat dan juga bwrgizi yang cukup di gemari banyak orang  dan tidak heran perkembangan kue basah semakin banyak dan juga kreatif dengan berbagai varian dan juga rasa


Tak ayal banyak orang mencari resep kue basah untuk dibuat di rumah atau untuk berjualan. Kue basah dapat dijadikan camilan bergizi saat bersantai dengan keluarga.

Selain cocok untuk anak-anak, bahan-bahan dari kue basah juga aman dikonsumsi setiap hari karena tidak mengandung bahan pengawet, semuanya terbuat dari bahan alami makanan.


 Sejatinya kue basah menjadi jajanan tradisional yang dapat dinikmati di era millenial ini. Warnanya yang menarik dan harga terjangkau sukses menjadikan kue basah sebagai primadona di Indonesia. Kue tradisional ini memang memiliki keunikan dengan cita rasa yang lezat dibanding jajanan lainnya.


Apalagi perpaduan gurih, legit, asam, asin dan pedasnya dimiliki kue basah disetiap nama dan bentuknya. Tak ayal dari masyarakat Indonesia hingga mancanegara menyukai kue basah. Awalnya kue basah tidak memiliki pamor luar biasa karena hanya ada saat perayaan atau tamu penting saja.



Dan ini dia resep yang bisa kalian coba di rumah


 Kue Pukis

Resep Kue Pukis Original oleh Afni Nur Rochmah (Ummahhaaqa) - Cookpad


 Bahan :



  • 200 gram tepung terigu
  •  3 butir telur ayam utuh
  •  2 kuning telur
  •  300 mili santan
  •  70 mili air hangat
  •  1 sendok makan ragi kue
  •  1 sendok makan garam
  •  150 gram gula pasir
  •  130 gram keju
  •  130 gram meisis cokelat


Cara membuatnya :


  1.  Langkah pertama membuat kue pukis adalah memotong-motong atau memarut keju sebagai bahan topping. Kemudian campurkan ragi kue dengan air hangat dan mengaduknya sampai larut. Setelah larut secara sempurna maka sisihkan.
  2.  Rebus santan dengan diaduk terus agar santan tidak menggumpal atau pecah. Hal itu dilakukan sampai santan mendidih, setelah mendidih maka api dapat dimatikan dan biarkan santan menghangat.
  3.  Langkah ke 3 adalah mencampur telur, gula pasir dan garam. Kemudian kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan gula melarut. Setelah itu masukkan tepung tergu secara perlahan namun tetap dengan terus dikocok sampai tercampur merata.
  4. Kemudian masukkan ragi kue ke dalam adonan tersebut dan masukkan santan hangat. Aduk lagi hingga semua bahan tersebut tercampur merata atau tidak ada gumpalan sekalipun kecil. Setelah itu diamkan sekitar 15 sampai 25 menit.
  5.  Siapkan cetakan kue pukis atau loyang di atas kompor dengan api kecil. Api besar wajib dihindari agar kue tidak gosong atau matang hanya sebagian.
  6.  Setelah itu oles cetakan kue dengan margarine. Maka adonan dapat di tuang ke cetakan sampai hampir penuh dan tutup sebentar. Setelah beberapa menit buka penutup tersebut dan berikan taburan keju atau meises maupun topping lain sesuai selara. Kemudian tutup kembali sampai matang.
  7. Tatkala kue pukis dirasa sudah matang, maka angkat kue cubit dari cetakan. Lalu sajikan kue pukis sebagai teman keluarga atau persiapan untuk jualan maupun menyambut hari penting.


 Kue Lapis

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Terigu yang Nikmat dan ...


 Bahan :


  • 250 gram tepung beras
  •  120 gram tepung kanji
  •  230 gram gula pasir
  •  100 mili santan
  •  2 sendok makan garam
  •  Pasta pandan dan moka sebagai perisa
  •  2 sachet krimer vanila
  •  Pewarna hijau tua dan cokelat

Cara Membuatnya  :


  1. Rebus air santan, gula dan garam dalam panci. Lalu aduk terus sampai mendidih.
  2.  Selanjutnya masukkan tepung beras dan tepung kanji ke dalam wadah dan aduk merata. Lalu tambahkan air santan dan gula yang sudah matang sedikit demi sedikit dan aduk sampai merata hingga tidak ada gelembung atau gumpalan tepung sekalipun kecil.
  3.  Bagi adonan menjadi 3 bagian. Yaitu masing-masing diberi warna putih, hijau dan cokelat. Lalu berikan perasa cokelat dan moka. Khusus bagian warna putih, tambahkan krimer vanila. Setelah itu siapkan loyang dan dandang untuk mengukusnya.
  4.  Panaskan dandang tersebut pada kompor. Setelah itu masukkan adonan selapis demi selapis. Caranya, untuk lapisan pertama pilih warna putih lalu kukus, lalu warna cokelat dan kukus lagi, setelah itu warna hijau dan kukus lagi. Lakukan terus sampai adonan habis dan tunggu sampai matang.
  5.  Setelah matang maka dinginkan sekitar 3 jam. Lalu potong-potong dan kue lapis siap disajikan
 



Kue putri Ayu

Resep Resep Kue Putu Ayu Lembut Banget | oleh kueresep.com | Craftlog


 Bahan :


  • 400 gram  tepung terigu
  •  300 gram gula pasir
  •  300 mili santan
  •  5 butir telur
  •  2 sendok makan pasta pandan
  •  2 sendok makan garam
  •  1 buah kelapa


Cara Membuatnya :


  1.  Langkah pertama membuat kue putu ayu adalah menyiapkan wadah berukuran medium. Kemudian masukkan telur dan gula ke dalam wadah tersebut, kocok menggunakan mixer sampai mengembang dan berubah menjadi putih.
  2.  Setelah itu matikan mixer dan masukkan tepung terigu secara perlahan dengan terus diaduk. Kemudian tambahkan santan dan pasta pandan dan diaduk kembali hingga adonan tercampur merata.
  3.  Siapkan cetakan yang sudah diolesi minyak. Lalu masukkan kelapa parut kukus sambil ditekan dan taburi garam di dasar cetakan.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan dan perhatikan posisinya. Yaitu kelapa parut kukus dibawah agar setelah matang dapat dibalik dan posisi kelapa parut berada diatas.
  5.  Siapkan panci kukus yang sudah dipanaskan dan masukkan adonan kue. Kemudian tutup rapat dan kukus selama sekitar 15 menit. Tatkala dirasa sudah matang, angkat dan keluarkan kue putu ayu dari cetakan dan kue siap disajikan.



 Resep Kue Cubit


Cara Membuat Adonan Kue Cubit Sederhana Yang Enak – Natural ...


 Bahan :


  1. 60 gram tepung terigu, diayak agar sajian kue cubit halus.
  2.  60 gram gula pasir.
  3.  2 sendok teh baking powder.
  4.  60 gram margarin.
  5.  3 gram ragi.
  6.  120 gram telur.


Cara Membuatnya :


  1.  Menyiapkan wadah untuk mencampur semua bahan. Kemudian aduk perlahan sampai tercampur merata. Setelah itu tutup wadah dan diamkan sekitar 15 menit agar adonan mengembang.
  2.  Langkah ke 2 adalah mengoleskan cetakan kue cubit dengan minyak atau mentega. Kemudian dipanaskan, lalu tuang adonan kue cubit ke dalam cetakan tersebut dan tutup rapat. Selanjutnya tunggu sekitar 3 menit dan tambahkan topping sesuai selera dan tutup kembali cetakannya.
  3.  Langkah terakhir adalah menunggu hingga matang. Untuk kematangan yang sempurna dapat ditunggu sekitar 10 menit dengan api sedang, namun bagi penyuka yang tidak matang sempurna, tingkat kematangannya dapat disesuaikan. Setelah itu kue cubit dapat disajikan untuk menjadi pelengkap keceriaan keluarga atau hal lainnya.




Belum ada Komentar untuk "Resep Kue basah yang bisa kalian coba di rumah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel