CARA MEMBUAT BLAU CUCI SENDIRI

Resep Blau Cuci Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri Homemade. Blau merupakan bahan berwarna biru yang berguna dalam proses akhir mencuci yang katanya bisa membuat pakaian putih. Belakangan blau cuci ini kalah pamor dengan Bayclin. Bentuk dan jenis blau ini terdiri dari blau bubuk (powder), blau padat, dan blau cair. Ada banyak sekali merk-merk blau cuci yang beredar dari buatan rumahan sampai buatan pabrik, sebut saja ada merk blau cuci Sakura, blau cuci bubuk cap Kijang/Kitjang, blau cuci Abdul Anas, blau cuci Walet, blau cuci cair atau blau cair Horse Brand, blau cuci cap Bebek, blau cuci cap Kembang, blau cuci Nyonya, blau cuci ikan mas, dan masih banyak lagir merek-merek  jadul lainnya.

Foto Resep Blau Cuci Sederhana Spesial Asli Buatan Sendiri Homemade
Gambar Blau Cuci Bubuk (Powder)

Blau atau banyak yang nyebut “blao”, serbuk berwarna Biru yang digunakan untuk mencuci pakaian yang khususnya berwarna putih. Lebih tepatnya digunakan pada akhir proses mencuci pakaian atau baju khusus yang berwarna putih. Biasa’nya untuk seragam sekolah atau kemeja putih buat kerja. Blau Cuci yang ada dan diproduksi ada 3 jenis: Blau Cuci Kotak, Blau Cuci Bubuk dan blau cuci cair. Dan yang saya bahas kali ini adalah Blau Cuci Bubuk. Lalu gimana Cara Pembuatan Blau Cuci bubuk?.

Blau cuci (Blau Tjutji) adalah semacam zat padat berwarna biru tua (blue) yang dicampurkan ke air untuk membilas cucian. Blau pada dasarnya akan memberi warna biru, namun pada pakaian putih, warna biru pucat justru akan memberi efek “cerah” pada baju. Blau yang ada di pasaran diproduksi dalam dua bentuk: padat dan serbuk. Bahan pembuatannya terdiri dari tiga unsur yaitu biang blau, tepung soda (sodium citrate) dan tepung sagu (aci).

Menurut situs Ariepinoci. Cara Pembuatan Blau Cuci Bubuk yang paling sederhana : Serbuk warna biru untuk mencuci atau disebut “Blau Cuci”, mungkin masih banyak yang menggunakan saat mencuci, khususnya untuk pakaian yang berwarna Putih, seperti seragam sekolah, kemeja kerja berwarna putih, kemeja training, singlet putih, dan kaos warna putih. Tapi mungkin ada yang belum tahu apa itu Blau Cuci dan cara pakai blau cuci?.

Cara penggunaannya atau cara pakai sama, blau dimasukkan ke dalam air sesuai kebutuhan dan dibiarkan larut hingga air terlihat kebiruan. Untuk blau jenis padat, harus melalui tindakan penyaringan agar yang masuk ke dalam air adalah bagian yang paling lembut.Kemudian masukkan pakaian atau kain putih ke dalam ember yang sudah terisi larutan blau. Usahakan warna birunya merata ke seluruh kain, sehingga terlihat hasil yang sempurna. Barangkali keluarga yang menggunakan blau sekarang ini tidak sebanyak jaman dahulu. Mungkin karena kegiatan ini menambah urutan kerja sehingga dikesampingkan. Atau bisa jadi, penggunaan blau sudah dipandang tidak perlu lagi.

Pembuatan Blau Cuci cukup gampang, karena hanya menggunakan 3 bahan saja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi blau cuci untuk memutihkan pakaian/baju lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk pakai sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis blau atau belau yang bisa untuk dijual online dengan merk sendiri dalam bentuk kemasan kota (box), sachet, botol plastik, dll.

RESEP BLAU CUCI

Resep By : Arie Pinoci

BAHAN :

  • 2,5/3,5 kg biang blau
  • 12,5 kg sodium citrate (tepung soda)
  • 1 kg tepung sagu (aci)

CARA MEMBUAT BLAU CUCI :

  1. Masukkan Ke 3 bahan tersebut di campur dengan takaran yang sesuai ke dalam wadah, di aduk sampai berubah menjadi warna biru semua (terkadang perlu alat saringan untuk menyaring tepung soda yang menggumpal). Setelah tercampur dan menjadi Blau.
  2. Ini saatnya membungkus blau tersebut sesuai dengan paket untuk dijual, misalnya kemasan sachet.

CARA MEMAKAI/MENGGUNAKAN BLAU CUCI :

  1. Siapkan air secukupnya pada ember
  2. Tuang blau pada tangan
  3. Masukkan kedalam ember berisi air tadi
  4. Aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal,karena ini akan mengotori pakaian dan akan bermawrna biru.
  5. Celupkan pakaian pada air blau satu atau dua kali
  6. Jangan direndam ini akan membuat pakaian putih menjadi biru ( HARUS DI PERHATIKAN)

Blau Cuci yang diproduksi saat ini kebanyakan yang bubuk, Karena lebih mudah dan tidak menggumpal (tidak perlu menyaring). Berbagai merek Blau Cuci pun beredar dipasaran, mulai dari yang resmi dengan surat ijin ataupun buatan sendiri ala rumahan atau skala homemade.

Fungsi-fungsi lain dari blau selain untuk cucian

  1. Blau untuk membersihkan blok mesin yang kusam. Blau bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin yang kusam. Cara pakai cukup mudah, pertama, campur blau pakai air. Namun sebelum campuran air dan blau itu dioleskan ke blok mesin, pastikan kondisi blok mesin sudah dibersihkan dari oli dan kotoran lainnya yang menempel. Setelah mesin bersih, blok mesin dilapisi permukaannya pakai air blau menggunakan kuas. Pastikan semua sudut pada blok mesin terkena sapuan air blau supaya hasilnya maksimal. Kemudian didiamkan saja selama 1 - 2 hari. Setelah 1 - 2 hari, lapisan air blau yang sudah mengering dibilas menggunakan campuran air plus deterjen cuci.
  2. Blau untuk obat gondongan (mitos). Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam "self limiting disease" (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak. Jika pada jaman dahulu penderita gondongan diberikan blau (warna biru untuk mencuci pakaian), sebenarnya itu secara klinis tidak ada hubungannya. Kemungkinan besar hanya agar anak yang terkena penyakit Gondongan ini malu jika main keluar dengan wajah belepotan blau, sehingga harapannya anak tersebut istirahat dirumah yang cukup untuk membantu proses kesembuhan.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT BLAU CUCI SENDIRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel