Aneka Makanan Turki

10 Makanan Khas Turki yang Paling Populer di Dunia


 Turki memang terkenal dengan negara yang memilikiberbagai jenis masakan dengan ciri khas rasa yang unik dan juga julukan sebagai surga kuliner bagi setiap wisatawan yang datang untuk berlibur. Kebanyakan makanan khas Turki juga dianggap cocok di lidah semua orang, terutama lidah penduduk Indonesia. Bahkan, tak jarang penduduk Eropa yang jatuh hati saat pertama kali menyuakan lidahnya pada salah satu kuliner khas Negeri Kebab itu.


 Secara umum makanan dari Turki didominasi oleh bahan baku daging yang kemudian diimbangi dengan penggunaan beragam jenis sayur mayur dalam jumlah berlimpah. Bumbu yang dipakai juga mengandung cukup banyak rempah khas, sama seperti kuliner dari Indonesia.



 Roti Pide


Cara Mudah Membuat Pide, Roti Lembut Menu Buka Puasa Khas Turki ...


 Tampilan dari roti pide sangat mirip dengan pizza asal Italia. Kesamaan tersebut bisa dilihat dari paparan roti lebar yang pada permukaannya terdapat aneka topping seperti sosis, daging sapi, telur, dan masih banyak lagi. Jika membahas perbedaannya, kalau pizza adalah makanan yang mudah ditemui setiap hari, lain halnya dengan roti pide yang keberadaannya hanya pada saat bulan Ramadhan.




 Lahmacun





Turkish Homemade Lahmacun Recipe - Give Recipe



 Seperti yang penulis katakan di awal, rata-rata makanan yang berasal dari Turki menggunakan bahan baku berupa daging. Yang satu ini, lahmacun, menjadi makanan yang identik dengan kuliner Turki yang berbahan utama daging. Dari segi tampilannya lahmacun juga mirip dengan pizza sehingga penduduk Turki tak jarang menyebut lahmacun sebagai pizza a la Turki. Daging yang dipakai untuk membuat lahmacun adalah daging sapi atau domba yang dicincang

Penyajian lahmacun mirip dengan kebab di mana lahmacun diibaratkan seperti tatakannya atau rotinya yang dibentangkan. Sedangkan pada bagian permukaannya diletakkan berbagai macam sayur seperti irisan tomat, bawang, dan daun peterseli untuk kemudian digulung rotinya. Untuk menyantap lahmacun tidak perlu sendok atau garpu, tetapi hanya tangan saja karena makanan ini berbentuk gulungan sehingga praktis untuk disantap.



Hummus


Homemade Hummus Recipe {Easy & Simple!} - Cooking Classy



 ka di Indonesia humus merujuk pada tanah yang sangat subur akibat lapukan daun dan batang pohon di hutan hujan tropis maka di Turki humus [atau hummus] merujuk pada makanan yang berasal dari Levant [atau Suriah, Lebanon, Yordania, Israel, dan Palestina] dengan tampilan yang sangat unik. Sekilas hummus tampak seperti bubur, saus cocol, mayones, atau selai. Sebenarnya, apa itu hummus?


 Hummus adalah makanan khas Turki yang berasal dari negeri Syam yang memang tampilannya menyerupai selai yang dibuat dari kacang Arab yang digiling dan dicampur dengan tahini [atau wijen giling], minyak zaitun, air jeruk limau, bawang putih, dan garam. Menurut WIKIPEDIA, hummus adalah makanan purba yang saat ini dikonsumsi secara luas di negara-negara Timur Tengah, termasuk Turki dan Afrika Utara.




Simit





Simit | Traditional Bread From Turkey


 Setiap orang yang berkunjung ke Turki pasti menemukan pengalaman baru saat melakukan jelajah kuliner. Seperti ketika mengunjungi Istanbul, mereka akan mendapati cukup banyak penjual makanan khas Turki yang bentuknya mirip seperti donat dengan tampilan yang lebih menarik. Dikarenakan bentuknya yang menyerupai donat, orang-orang menjulukinya dengan donat Turki. Padahal, nama asli makanan tersebut adalah simit.


 Simit adalah roti yang menyerupai bentuk donat namun dengan ukuran yang lebih besar. Tekstur dari simit juga lebih keras dibanding donat di negara-negara Eropa. Kue khas Turki ini sebetulnya tidak hanya berbentuk mirip donat, tapi ada juga yang bentuknya kotak atau bulat dengan ragam isian, semisal kacang dan cokelat. Simit biasanya dimakan oleh penduduk Turki saat musim dingin sebagai camilan.




 Durum





Chicken Shawarma Durum Image & Photo (Free Trial) | Bigstock


 Seperti dikatakan sebelumnya, kebab Turki ada banyak jenisnya. Jika tadi ada iskender kebab, maka ada lagi jenis kebab lain bernama kebab durum yang cenderung didominasi oleh beragam jenis sayuran. Durum bukan hanya terkenal di Turki, tetapi di negara-negara Eropa lain, seperti Jerman misalnya. Di Jerman bisa ditemukan cukup banyak restoran atau penjual durum. Tidak sedikit penduduk Jerman yang gemar makan durum karena mengandung isian sayuran dalam jumlah banyak.


 Selain sayuran, durum juga tak melepaskan identitas kebab yang mana harus terdapat doner di dalamnya. Doner atau daging giling juga disertakan ke dalam roti pide atau roti gandum bersama aneka macam sayuran seperti selada salah satunya. Setiap pembeli juga bisa memilih roti yang digunakan [kalau tersedia], seperti roti biasa. Durum disukai oleh rata-rata penduduk Eropa bukan hanya isiannya yang menyehatkan, tetapi juga mengandung bahan lain yang memang identik dengan kuliner orang Eropa, seperti keju dan yoghurt misalnya.



 Dondurma







5 Fakta Menarik Tentang Es Krim Dondurma dari Turki | Indozone.id


 Dondurma adalah es krim khas Turki yang terbuat dari susu, gula, mastic [bahan pengenyal yang berasal dari getah tumbuhan, dan salep [bahan pengental yang berasal dari tepung akar anggrek ungu muda]. Penggunaan salep dan mastic pada minuman khas Turki ini membuat teksturnya menjadi lebih pekat dan lengket seperti permen karet. Mengenai rasanya, es krim ini tetap manis dan enak.

 Di negara asalnya, Turki, dondurma banyak dijual di kios-kios atau gerobak kaki lima di pinggiran jalan atau depan ruko. Para penjual dondurma biasanya menjajakan es krim dengan pakaian khusus yang mirip dengan Aladin [pakai rompi dan peci khas Turki]. Untuk mengaduk es krimnya para penjual tersebut menggunakan tongkat panjang yang juga dipakai untuk menciduk es krimnya. Selain itu para penjualnya juga tak jarang menunjukkan atraksi-atraksi dengan tongkat esnya.



Kumpir


Kumpir tarifi, nasıl yapılır?


Jika berkunjung ke Turki jangan sampai melupakan kumpir. Kumpir, apa itu? Kumpir adalah makanan khas Turki yang berbentuk camilan tapi bersifat mengenyangkan. Bagaimana tidak, kumpir ini mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga seisi perut bisa dipenuhi olehnya. Kumpir sendiri menunjuk pada makanan berupa kentang jumbo yang direbus dan kemudian dicampur dengan keju dan beragam topping [rata-rata toppingnya sayuran].

Belum ada Komentar untuk "Aneka Makanan Turki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel