CARA MEMBUAT JALANGKOTE KHAS MAKASSAR SPESIAL VIRAL

Resep Jalangkote Khas Makassar Renyah Crispy Garing Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue goreng Jalangkote isi daging sapi cincang bumbu Kari khas Makassar, Sulawesi Selatan. Jalangkote sempurna (perfect) dengan perpaduan kulit tipis renyah bergelembung dengan isian yang padat dan tidak basah, dengan pinggiran yang tidak terlalu tebal. Tidak berminyak sampai makannya belepotan minyak. Tipsnya jangan menggoreng dengan api yang terlalu kecil dan jumlah banyak. Ini menyebabkan jalangkote lama matangnya dan banyak menyerap minyak. Itulah keunikan jalangkote (jalkot) yang sedang viral dan kekinian.

Foto Resep Jalangkote Khas Makassar Renyah Crispy Garing Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Jalangkote Spesial Lebaran

Daerah yang satu ini memang jagoan urusan daging sapi. Jadi, tidak heran kalau jalangkote goreng saja diisikan dengan tumisan daging sapi dan sayu-sayuran. Penampilannya mirip dengan kue pastel goreng isi yang sering kita jumpai di tempat-tempat jajanan kue basah, hanya saja isiannya bukan kari ataupun tumisan sayur pada umumnya. Meskipun terbilang mirip, jalangkote adalah salah satu bagian dari sederetan camilan khas Makassar yang tenar. Sebut saja nama-nama populer seperti apang paranggi, gogos, barongko, hingga cangkuning. Indonesia punya beragam jenis kuliner pastel. Selain nama umumnya, pastel goreng dengan aneka isian, ada juga sebutan makanan tradisional Manado yang disebut roti atau kue panada. Sedangkan di Makassar disebut sebagai jalangkote. Ada banyak macam-macam jenis jalangkote, diantaranya ada jalangkote Majalengka, jalangkote hitam (black jalangkote) pakai pewarna hitam, jalangkote telur, jalangkote mie, dll.

Jalangkota makanan apa?. Jalangkote sendiri merupakan kue pastel goreng renyah dan gurih dan kulitnya lebih tipis dibanding dengan pastel jadi saya masukkan ke label atau kategori artikel kue kering. Selain itu, jika pastel disantap dengan cocolan sambal botol, sambal kacang, atau cabe rawit, jalangkote disantap engan sambal cair yang terbuat dari campuran cuka dan cabe.

Jalangkote adalah pastelnya orang Sulawesi. Bedanya dengan pastel? kalau jalangkote kulitnya lebih tipis dan disajikan bersama kucuran saus sambel asam pedas manis. Bumbunya minimalis untuk jalangkote simple, bawang merah, bawang putih, dan merica. isiannya wortel kentang toge soun.

Menurut situs Wikipedia. Jalangkote adalah makanan ringan kuliner khas Makassar yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Bedanya kue pastel memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair campuran cuka dan cabe. Jalangkote memiliki isi wortel dan kentang yang dipotong dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. Beberapa jalangkote menambahkan seperempat atau setengah telur rebus dan daging cincang untuk isinya. Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam. Bahan isian jalangkote selain daging sapi dan sayur-sayuran ada juga jalangkote isi ikan, isi kentang, isi mie, isi ayam, isi telur, isi ubi jalar, isi ubi ungu, dll. Ada beberapa usaha jalangkote kampung terkenal dan terfavorite diantaranya ada jalangkote Lasinrang Makassar dan cabang Kendari Alamat: Jl. Lasinrang No.11A, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114, jalangkote Salahutu Makassar Cabang Cendrawasih Alamat: Jl. G. Salahutu No.24-25, Lariang Bangi, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90144, jalangkote Jakarta, dll

Kali ini yang unik jajanan jalangkote rasa kari dengan bumbu kari yang khas ditambah lagi dengan cabe/cabai yang super pedas. Aroma karinya menjadi sangat harum dan wangi. Serasa makan samosa India beraroma Timur Tengah. Apalagi dibuat dengan tepungnya dikit dan yang banyak isiannya. Aduhai Gusti Takendol kendol. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi jalangkote special garing kriuk tahan lama buatan Hesti NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko kue basah dan cemilan atau jalangkote frozen/jalangkote beku.

RESEP JALANGKOTE MAKASSAR


Resep By Hesti Hayahakim

BAHAN KULIT :
  • 250 gram terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 125 hingga 150 ml air hangat
  • 15 gram margarin yang telah di lelehkan
  • 2 sdm minyak panas
BAHAN ISIAN :
  • 2 buah wortel yang sudah dipotong kotak-kotak kecil dan sudah dimasak sebentar
  • 2 buah kentang yang sudah dipotong kotak-kotak kecil dan sudah dimasak sebentar
  • 200 gram daging cincang atau daging sapi cincang
  • 100 gram tauge/toge
  • 1/2 bungkus soun yang sudah diseduh dengan air panas dan ditiriskan
  • 2 batang daun bawang yang telah di iris-iris
  • 2 tangkai seledri yang telah di iris-iris
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 2 sdt gula pasir
BAHAN BUMBU DIHALUSKAN :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 200 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt cuka
CARA MEMBUAT JALANGKOTE MAKASSAR :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok makan minyak goreng.
  2. Masukkan daging cincang atau daging sapi cincang, aduk-aduk hingga agak sedikit matang, lalu masukan wortel dan kentang kemudian aduk rata.
  3. Setelah itu tambahkan garam, merica dan gula lalu aduk-aduk lagi hingga bumbu tercampur merata ke semua bahan yang tengah di masak.
  4. Masukkan daun bawang, seledri dan tauge lalu aduk-aduk kembali hingga semuanya tercampur.
  5. Lalu matikan api, dan masukan soun lalu aduk-aduk kembali hingga semua bahannya tercampur rata dan diamkan hingga dingin.
  6. Setelah itu Anda bisa langsung membuat kulit jalangkotenya dengan cara masukan terigu dan garam dalam mangkuk lalu diaduk rata.
  7. Jika sudah teraduk rata masukan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  8. Lalu masukkan minyak panas sedikit demi sedikit sambil semua adonan masih tetap di aduk-aduk biar semua bahan tercampur rata.
  9. Setelah itu tambahkan air sedikit-demi sedikit sambil masih terus di aduk-aduk lalu Anda bisa menguleninya hingga semua bahan menyatu. Lalu pipihkan sedikit adonan kulit menggunakan tangan setelah itu menggunakan penggiling makanan sampai bahan dipipihkan menjadi tipis.
  10. Lalu cetak bulat kulit jalangkote menggunakan mangkuk atau pisau dan masukan isian jalangkote ke kulit yang berbentuk bulat.
  11. Olesi pinggiran kulit dengan sedikit air, lalu tangkupkan kulit dan isinya membentuk setengah lingkaran.
  12. Setelah itu rapatkan pinggirannya dengan dipijit begitu kuat agar sisi-sisi kulit menyatu dan isian adonan tidak mudah bocor keluar dari kulit.
  13. Setelah itu lipat sedikit-sedikit ujung kulit yang telah dipijit dengan menyambungkan tiap ujung lipatan kulit.
  14. Setelah itu Anda bisa langsung menggoreng jalangkotenya dengan menggunakan minyak panas dan api sedang.
  15. Jika jalangkote sudah berwarna kecoklatan segera tiriskan lalu bisa langsung disimpan di piring saji dengan kucuran saus asam manis pedas dan sudah siap untuk disantap.
  16. Sajikan.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT JALANGKOTE KHAS MAKASSAR SPESIAL VIRAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel