CARA MEMBUAT RIMPI PISANG

Resep Rimpi Pisang (Pisang Sale Basah) Sederhana Spesial Asli Enak. Rimpi manis olahan asli kalimantan selatan, manis legit, enak, lezat dan nikmat pas mantap. Bisa dimakan langsung seperti biasa atau diolah lagi di goreng pakai tepung. Bisa buat camilan, atau teman minum teh. Kue Rimpi Pisang (Wadai Rimpi Pisang) sebenarnya jajanan atau cemilan orang Dayak atau orang Kalimantan karena hampir semua kota di Kalimantan ada misalnya di Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, dll..

Foto Resep Rimpi Pisang Lilin (Pisang Sale Basah) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Rimpi Pisang Lilin

Rimpi Pisang adalah salah satu kue khas orang Banjar, rasanya yang manis dan ciri khas buah pisangnya masih bisa dirasakan. salah satu jajanan yang menambah selara lidah yang lagi pait agar lidah kembali manis untuk menelan sesuatu.saat ini kue rimpi pisang atau yang sering disebut pisang sale basah atau sale pisang sangat jarang ditemui di warung-warung kue biasa, kalian hanya akan menemukannya di toko oleh-oleh khas yang berada disemua kota di Kalimantan Selatan.

Baca Juga : Resep Pisang Sale

Rimpi pisang adalah makanan Orang Kalimantan Tengah, terkhususnya makanan khas Orang Dayak. Rasanya sangat manis dan lezat, apalagi kalau dibuat menjadi Rimpi pisang goreng, sangat enak, lebih enak dari pisang goreng biasa. Memang kandungan gizinya tidak seberapa, bahkan hampir tidak ada, tapi rimpi pisang merupakan makanan yang alami dan tidak menganggu kesehatan, tidak seperti halnya makanan - makanan instan yang dijual dipasaran yang mengandung berbagai zat kimia dan bahan pengawet yang dapat menganggu kesehatan. Rimpi Pisang sangat pas disajikan saat santai bersama teman atau keluarga.

Gaguduh Rimpi (Pisang Sale Goreng) atau Rimpi adalah pisang yang di sale diatas bara api selama bebrapa hari sampai menghasilkan pisang sale yang berwarna coklat kehitaman dengan rasa khas yang manis legit karena pisang yang di gunakan untuk di sale adalah pisang batu (pisang awa atau pisang awak). Me rimpi (menyale) pisang awa cukup melelahkan karena pisang yang di sale dipara-para dengan tinggi sekitar 1 - 1,5 meter, harus telaten membolak balik pisang kedua sisi nya dan menjaga agar api nya tidak terlalu besar dan tidak padam.

Di daerah Binuang Kab Tapin dahulu adalah daerah terkenal penghasil rimpi untuk wilayah kalsel, namun beberapa tahun belakangan hanya tersisa 4-5 orang saja yang masih setia dengan pekerjaan ini dikarenakan pisang awa yang biasa di sale susah di dapat dan harga nya pun lebih mahal. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pisang rimpi dan resepi goreng pisang rimpi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis oleh-oleh khas Kalimantan.

RESEP RIMPI PISANG BIASA TANPA TEPUNG


BAHAN :
  • Pisang batu atau pisang awak
CARA MEMBUAT RIMPI PISANG :
  1. Sedia Buah pisang secukupnya.
  2. Kupas buah pisang tersebut dan di belah dua.
  3. Taruh pisang yang sudah dikupas ke alasnya, misal : menggunakan alas nyiru, tirai bambu, atau menggunakan alas yang lainya.
  4. Kemudian jemur pisang selama 2 hari, kalau sudah kering, balik pisang tersebut dan jemur lagi selama 2 hari. Kemungkinan besar, jika hari tidak panas Rimpi pisang akan kering selama 3 - 5 hari bahkan sampai 1 minggu, melihat kondisi cuaca.
  5. Di bawah tempat penjemuran Rimpi Pisang ditaruh api sebagai pengasapan menghindari kemungkinan serangga-serangga yang hinggap.
  6. Sesudah jemuran Rimpi Pisang kering, angkat lalu simpan ditempat yang kering dan tertutup rapat. Simpan dalam stoples.
  7. Rimpi Pisang siap disajikan.
  8. Rimpi pisang dapat bertahan lama 3 - 4 bulan.

RESEP PISANG SALE GORENG TEPUNG (GAGUDUH RIMPI)


BAHAN :
  • 15 buah rimpi (pisang sale)
  • 1/4 kg tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • Pewarna kuning secukupnya
  • 1 butir telur
  • 1 lt minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT PISANG SALE GORENG TEPUNG (GAGUDUH RIMPI) :
  1. Campurkan tepung beras, garam, pewarna kuning, telur. Aduk-aduk sampai tercampur rata, bila terlalu kental tambahkan air tapi jangan terlalu encer.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan penggorengan.
  3. Setelah minyak panas celupkan rimpi kedalam adonan. masukkan kedalam minyak. Rimpi bisa di pipihkan dulu dengan cara dipenyet dengan centong nasi untuk mendapatkan rimpi goreng dengan tekstur agak kering.
  4. Setelah berwarna kuning dan kulit tepung agak kering. angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dimakam sudah agak dingin. namun berhati-hati lah bagi anda yang sering sakit gigi. karena mengunyah rimpi sering menyebabkan sakit gigi.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT RIMPI PISANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel