CARA MEMBUAT ES JOHOR MALAYSIA

Resep Es Johor Khas Malaysia Sederhana Spesial Minuman Segar Asli Enak. Di Indonesia paling terkenal dan telah menjadi favorit anak muda sampai dewasa yakni es Johor antara Medan, es Johor Pandau Pekanbaru, es Johor PKU. Es selalu menjadi pilihan saat berbuka puasa. Di Medan, Sumatera Utara ada es Johor. Es ini banyak dijajakan saat bulan puasa Ramadhan tiba.

Foto Resep Es Johor Khas Malaysia Sederhana Spesial Minuman Segar Asli Enak
Gambar Es Johor Malaysia Khas Melayu

Kenapa es ini disebut dengan es johor? karena pada saat terciptanya sekitar tahun 1957 bahan baku buah es ini masih di impor langsung dari Johor Malaysia. Namun saat ini semua bahan yang digunakan sudah tersedia di Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga : Resep Es Tebak

Minuman es seger ini memang menggoda selera. Bagaimana tidak, es campur yang berisi buah buahan lumayan komplit, agar-agar, kolang kaling, sirup rasa coco pandan serta susu kental manis full cream ini mampu menghilangkan dahaga seketika. Biasanya buah yang digunakan adalah pepaya, leci, kelengkeng, nanas, anggur.

Baca Juga : Resep Es Campur Medan

Anda tak perlu ke Malaysia, Pekanbaru atau ke Medan hanya sekedar untuk mencicipi es campur special komplit ini apalagi di musim wabah pandemi virus corona covid 19 ini tidak tahu buka jam berapa, dengan bahan seadanya yang mudah didapat dan tersedia di pasaran, Anda dapat membuat es johor sendiri di rumah walaupun tak harus mengikuti resep yang penting ciri khas nya dapat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais Johor Malay sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kedai es, outlet es di Indonesia.

RESEP ES JOHOR MALAYSIA


BAHAN :
  • 1 buah pepaya matang ukuran sedang
  • 1 buah nanas matang ukuran sedang
  • Kelengkeng/leci sesuai selera
  • 1 bungkus agar-agar merah
  • 1 bungkus agar-agar hijau
  • 200 ml santan kental
  • Sesuai selera sirup gula (masak sekitar 15 sdm gula pasir dengan 500 ml air hingga larut dan mendidih)
  • Susu kental manis SKM secukupnya
  • Susu Milo bubuk coklat untuk taburan secukupnya
  • Es batu atau es serut secukupnya
CARA MEMBUAT ES JOHOR MALAYSIA :
  1. Campurkan santan dan sirup gula didalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, biarkan dingin.
  2. Masak agar-agar, tuangkan ke cetakan, biarkan dingin, potong-potong sesuai selera.
  3. Kupas dan cuci bersih buah-buahan. Potong-potong sesuai selera.
  4. Siapkan mangkuk / gelas. Masukkan es, agar-agar dan buah-buahan. Tuangkan campuran santan dan sirup gula. Kucuri dengan susu kental manis lalu jangan lupa ditaburi topping dengan susu Milo bubuk cokelat.
  5. Sajikan untuk 6 porsi.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT ES JOHOR MALAYSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel