CARA MEMBUAT OBAT SAKIT RADANG TENGGOROKAN

Resep Obat Radang Tenggorokan Sakit (Faringitis) Herbal Alami Secara Tradisional. Radang tenggorokan atau sakit tenggorokan menjadi penyakit yang sering diderita banyak orang mulai dari anak-anak sampai dewasa. Penyebab radang tenggorokan dapat dikarenakan infeksi virus corona covid 19, virus influenza, dan bakteri sampai alergi, GERD ataupun tumor.

Cara menyembuhkan radang tenggorokan ada berbagai macam, obat sakit tenggorokan yang paling sering digunakan adalah pseudoephedrine.

Foto Resep Obat Radang Tenggorokan Sakit (Faringitis)
Gambar Orang Sakit Radang Tenggorokan

Selain menggunakan antibiotik, Anda juga dapat menggunakan obat sakit tenggorokan alami seperti dari obat dari tumbuh-tumbuhan. Alternatif obat radang tenggorkan alami juga biasa digunakan terutama bagi mereka yang takut minum obat-obatan yang sifatnya kimiawi, atau terdapat kontra indikasi karena memiliki penyakit tertentu misalnya gangguan fungsi hati, dan lain sebagainya yang tidak diperbolehkan minum obat radang tenggorokan tertentu misalnya parasetamol.

Memang, obat tradisional untuk radang tenggorokan ini tergolong relatif aman, dan termasuk home remedies artinya perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

Dalam penggunaannya pun ditujukan untuk radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh virus dan lainnya, kecuali radang yang disebabkan oleh bakteri, terkhusus bakteri Streptococcus karena mau tidak mau harus menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, mengingat bahaya komplikasinya.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan yang Alami:
  1. Berkumur air garam
  2. Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali dalam sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak, iritan, dan bakteri.
Cara membuatnya :
  1. Sediakan air hangat satu gelas belimbing ( 250 ml ) kemudian tambahkan garam dapur 1 sendok teh (sendok kecil) lalu aduk sampai rata.
  2. SP Troches dapat digunakan untuk keperluan pada kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis.
Cara menggunakannya :
  1. Berkumur selama 30-60 detik, dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan, lalu secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan sehingga berbunyi "ghrook, ghrook" seperti orang ngorok. (hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran nafas, kalau hanya tertelan tidak mengapa.).
  2. Berkumur tiga kali dalam sehari.
  3. Perbanyak Minum
Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minumlah dengan cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening.

Hal ini akan membuat selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitarnya selalu lembab, dan lebih mudah melawan bakteri dan iritan. Selain itu membuat tubuh lebih mampu melawan gejala flu, batuk, atau demam yang mungkin menyertai.

Minum tidak selalu dengan air putih namun bisa juga berupa jus buah, air teh, atau yang terasa sedikit asin seperti sop ayam.

Minum Teh
Segelas teh hangat dapat dengan cepat meredakan rasa tak nyaman karena radang tenggorokan. Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi.

Teh tersebut boleh dicampur dengan lemon dan madu. Kesemuanya juga bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

Sup Ayam
Sup ayam sepertinya makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, karena kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan.

Selain itu, kita ketahui bersama bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi yang membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan.

Madu
Madu terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu. Jadi madu untuk radang tenggorokan bukanlah konsep baru.

Campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat kemudian diminum selagi hangat. Tidak hanya akan menenangkan tenggorokan, tetapi juga akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.

Obat radang tenggorokan alami tersebut memang cukup manjur, akan tetapi jika radang tenggorokan parah dan diikuti tanda-tanda berikut sebaiknya berobat ke dokter.
  1. Susah bernapas.
  2. Susah menelan.
  3. Air liur berlebihan, karena tak dapat menelan.
  4. Radang tenggorokan yang parah atau berlangsung lebih lama dari seminggu.
  5. Kesulitan membuka mulut.
  6. Nyeri sendi.
  7. Sakit telinga.
  8. Ruam pada kulit.
  9. Demam tinggi lebih dari 38,3 °C.
  10. Darah dalam air liur atau dahak.
  11. Radang tenggorokan sering berulang.
  12. Terdapat benjolan di leher.
  13. Suara serak yang berlangsung lebih dari dua minggu.
Obat tradisional alami untuk radang tenggorokan inilah yang saya ketahui cukup manjur.

Belum ada Komentar untuk "CARA MEMBUAT OBAT SAKIT RADANG TENGGOROKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel